Universitas Muhammadiyah Papua Melaunching
Program Magister (S2) Ilmu Komunikasi Pertama di Papua

Jayapura, UM Papua –Universitas Muhammadiyah Papua (UM Papua)  resmi melaunching Program Magister (S2) Ilmu Komunikasi  pada  Senin, (23/05/2022) di Suni Hotel Abepura. Peresmian ini ditandai dengan Penyerahan SK Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi  Nomor 277/E/O/2022, oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat  Dr. Suriel Mofu, S.Pd., M.Ed, TEFL., M.Phil, kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Papua Prof. Dr. H. R. Partino, M.Pd. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Papua yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Pengembangan Masyarakat Adat dan Budaya Papua Paskalis Netep , SH, civitas akademika UM Papua serta tamu undangan.

Partino mengatakan UM Papua membuka program Magister Ilmu Komunikasi dengan tiga peminatan antara lain: Public Relations (Hubungan Masyarakat), Komunikasi Politik, serta Komunikasi dan Penyuluhan  Pembangunan. Bagi pegawai atau masyarakat Papua yang ingin masuk Ilmu Komunikasi kami persilahkan.

 “Setelah launching kami siap menerima mahasiswa baru Program Magister. Di seluruh Papua ini satu-satunya kampus yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi. UM Papua juga memiliki Program Sarjana  dengan  6 Prodi antara lain: Program Studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Kewirausahaan, Ilmu Komputer, Psikologi, Hukum dan Ilmu Lingkungan” ungkapnya.

Suriel mengatakan, “ Harapan saya UMP akan memimpin dalam bidang Ilmu Komunikasi. Kita butuh iilmuwan komunikasi yang akan memberikan pencerahan dalam bidang komunikasi. Ilmuwan komunikasi dari UMP untuk membawa kepastian  pada berbagai bidang pekerjaan, kepastian pada informasi komunikasi. Komunikasi harus berbasis pada kebenaran yang tidak terbantahkan, supaya menjadi jaminan bagi berbagai hal dalam berbagai bidang kehidupan, baik pemerintahan, sosial maupun masyarakat” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada pimpinan UM Papua atas kesuksesan peresmian Program Magister Program Studi Ilmu Komunikasi. Ia berharap UM Papua dapat menerima mahasiswa dari berbagai kalangan.

Gubernur Papua dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli menyampaikan, “kami merasa UM Papua telah berkiprah bagi pembangunan Papua khususnya dalam bidang pendidikan yaitu mencerdaskan putra-putri Papua, generasi emas harapan bangsa dalam pembangunan Papua. Dibutuhkan kerja sama seluruh komponen sehingga percepatan pembangunan dapat berjalan maksimal. (Semula sebagai) STIKOM yang berfokus dalam bidang Ilmu Komunikasi  tentu sangat penting bagi masyarakat terlebih dengan kondisi Papua yang sedang berkembang dan terus membangun visi Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera harus dimaknai secara baik oleh seluruh komponen masyarakat. Selanjutnya kami mengajak kepada civitas akademika UMP untuk selalu mengambil bagian dalam mensukseskan dan mendukung pemerintah dalam membangun di segala bidang kehidupan.  Kita senantiasa menjaga Papua sebagai tanah damai yang tidak terprovokasi oleh berbagai informasi yang sifatnya menghasut,”  demikian disampaikannya.

Peliput, Penulis: Maria, Grace

Fotografer: Arif

Editor: Muammar, Dewi

Leave a Reply